Kumpulan Sastra Jawa, Geguritan, Cerkak, Cerita Wayang

Calon Juragan | Cerkak

Calon Juragan | Cerkak
Calon Juragan | Cerkak

Cerkak Basa Jawa | Calon Juragan

Sastrajawa.com, kali ini akan memberikan contoh cerkak basa jawa dengan judul "Calon Juragan" Cerkak Basa Jawa ini pernah dimuat di majalah Panjebar Semangat, Cerkak Bahasa jawa karya dari Erdy Priharsono ini diterbitkan di majalah Panjebar Semangat Edisi Januari 2017.

Cerkak Calon Juragan ini menceritakan tentang perjalanan bisnis yang dialami oleh Tardi, Tardi yang berawal sebagai buruh dari juragan Bimo. Juragan Bimo adalah seorang bisnisman yang mempunyai usaha jual beli buah-buahan. Juragan Bimo ini membeli buah-buahan di desa dengan sistem ijon. Tardi yang sudah lama ikut bekerja membantu juragan Bimo merasakan hidup susah selama menjadi bawahan atau pesuruh dari juragan Bimo.

Tardi merasa tidak betah jika lama-lama ikut terus dengan juragan Bimo, Juragan Bimo yang sangat pelit terhadap bawahannya menjadikan Tardi semakin tidak betah bekerja dengan juragan Bimo. Hingga akhirnya Tardi berniat akan menjalankan usaha jual beli buah dengan sistem ijon tanpa sepengetahuan Juragan Bimo. Tardi yakin dia mampu menjalankan usahanya tersebut. Dengan bantuan temannya yang bernama Sarpan, Tardi akhirnya memulai usahanya untuk jual beli buah-buaha, Tardi mulai membeli buah-buahan di desa dan menjualnya kembali di toko buah yang ada di kota, hasilnya lumayan dan usaha Tardi lambat laun menjadi sukses.

Hingga suatu saat, ada kejadian aneh yang dialami Tardi sewaktu menyetorkan buah-buahan hasil membeli dari desa dan dijual di kota, Mangga yang dibawanya dengan 3 truk tiba-tiba semua mangga yang berada di dalam truk tersebut menjadi tidak layak makan, alias busuk semua. Kejadian ini hingga berulang, Tardi memutuskan untuk menemui orang pintar yang bernama Pak Dhe Jaman.... lalu bagaimanakah kisah dari Tardi dengan bisnis jual beli buahnya itu ? mari simak cerkak selengkapnya di bawah ini :

Calon Juragan




Jika anda berkeinginan untuk mengunduh cerkak basa jawa dengan judul Calon Juragan diatas dalam bentuk Ms. Word anda bisa mengunduhnya pada link dibawah ini :
Cerkak Basa Jawa Calon Juragan
Link Alternatif
Previous
Next Post »