Kumpulan Sastra Jawa, Geguritan, Cerkak, Cerita Wayang

Adigang, Adigung, Adiguna | Ungkapan Tradisional

Adigang, Adigung, Adiguna

Adigang, Adigung, Adiguna
Adigang, Adigung, Adiguna
Budaya Jawa memang dikenal memiliki petuah atau nasehat untuk mengungkapkan sesuatu, banyak sekali petuah-petuah bijak yang terdapat dalam budaya jawa, salah satunya adalah ungkapan tradisional budaya jawa "Adigang, Adigung, Adiguna".

Ungkapan Tradisional Adigang, Adigung, Adiguna ini mempunyai arti Bahwa seseorang suka atau senang memamerkan kekuatan, kekuasaan, kepintaran untuk hal yang negatif. Ungkapan ini juga berarti bahwa seseorang yang sombong, sombong karena dia memperlihatkan tentang kekuatan yang dimilikinya, kekuasaan yang dia kuasai, dan sombong atau pamer dengan kepintaran yang dia miliki.

Sifat dari ungkapan Adigang, Adigung, Adiguna ini hendak dihindari, terutama bagi kalangan orang jawa yang sangat kental dengan ungkapan jawa tradisional ini. Adanya ungkapan Adigang, Adigung, Adiguna ini mengajarkan bahwa orang jawa sangat membenci sifat yang sombong dengan sesama manusia, ajaran mengenai ungkapan ini juga memberikan nasehat, petuah atau pitutur bahwa sesama manusia dilarang sombong dengan kekuatan, kekuasaan dan kepintaran yang dia miliki.

Previous
Next Post »