Kumpulan Sastra Jawa, Geguritan, Cerkak, Cerita Wayang

Munggah Pangkat | Cerkak Basa Jawa

Munggah Pangkat | Cerkak Basa Jawa
Munggah Pangkat | Cerkak Basa Jawa

Cerkak Basa Jawa Munggah Pangkat

Sastrajawa.com, kali ini akan memberikan contoh cerkak dalam bahasa jawa dengan judul "Munggah Pangkat". Cerkak "Munggah Pangkat" ini merupakan cerkak Tema Sosial, Cerkak yang pernah dimuat di majalah Panjebar Semangat ini adalah karya dari Irul S Budianto.

Cerkak ini menceritakan tentang seorang yang bernama Sugeng, dalam cerkak basa Jawa ini menggunakan sudut pandang orang pertama pelaku utama, cirinya adalah menggunakan kata Aku, Aku sebagai tokoh utama dan juga sebagai pengarang dalam cerita cerkak basa jawa ini.

Sugeng yang merupakan teman akrab dari tokoh Aku dan juga teman seperjuangan dalam meniti karir secara tiba-tiba meninggal dunia. Meninggal nya Sugeng sangat membuat kaget tokoh Aku, Sugeng meninggal karena penyakit komplikasi yang tidak bisa diselamatkan lagi. Beberapa hari sebelum Sugeng meninggal, Sugeng sempat mengatakan kepada Aku bahwa dia akan segera naik pangkat.

Mendengar perkataan Sugeng bahwa dia akan naik pangkat, tokoh Aku merasa aneh dan tidak mungkin kalau Sugeng akan segera naik pangkat, karena tokoh Aku beralasan untuk naik pangkat dialah yang mengurusi segalanya, dan tokoh Aku tahu bahwa kenaikan pangkatnya Sugeng masih dua tahun lagi dan ternyata perkataan Sugeng yang naik pangkat itu adalah firasat bahwa Sugeng akan meninggal Dunia.

Munggah Pangkat | Cerkak Basa Jawa




Jika anda ingin mengunduh cerkak "Munggah Pangkat" diatas dalam format Ms. Word, anda bisa mengunduhnya pada link dibawah ini :
Cerkak Basa Jawa | Munggah Pangkat
 Link Alternatif
Previous
Next Post »