Kumpulan Sastra Jawa, Geguritan, Cerkak, Cerita Wayang

Riyaya Gak Nggoreng Kopi | Cerkak Basa Jawa

Riyaya Gak Nggoreng Kopi | Cerkak Basa Jawa
Riyaya Gak Nggoreng Kopi | Cerkak Basa Jawa

Cerkak Basa Jawa | Riyaya Gak Nggoreng Kopi

Sastrajawa.com, kali ini akan membagikan Cerkak Basa Jawa dengan judul "Riyaya Gak Nggoreng Kopi" Contoh Cerkak Basa jawa yang pernah di muat dalam Majalah Panjebar Semangat Karya dari Tiwiek SA. Cerkak Basa jawa ini menceritakan tentang kasih sayang kakek terhadap cucu nya.

Adalah Bandono, seorang pensiunan PNS yang mempunyai anak dua, Bandono adalah kakek dari cucu nya yang bernama Ardi. Ardi adalah anak yang tidak diperhatikan oleh kedua orang tuanya, kedua orang tua Ardi sudah pisah dan bercerai, sedangkan ayah Ardi (anak Bandono) tidak ada kabar sama sekali dan tidak mau membiayai sekolah Ardi.

Hingga suatu saat Ardi meminta kepada Bandono untuk dibelikan Sepeda baru. Sepeda baru itu nanti rencananya akan digunakan Ardi untuk berangkat sekolah, Ardi tahun depan sudah masuk sekolah SMP. Bandono yang kesulitan dalam keuangan berpikir keras bagaimana mewujudkan keinginan cucu kesayangannya.

Bandono mendengar berita bahwa pensiunan PNS tahun ini akan mendapatkan gaji ke-13 dan THR atau gaji ke-14. Mendengar berita tersebut, Bandono segera menuju temannya yang Wimbadi untuk menanyakan kebenaran kabar tersebut. Sesampai dirumah Wimbadi, Wimbadi mengiyakan bahwa nanti pensiunan akan menerima gaji ke-13 dan gaji ke-14, untuk gaji ke-14 akan dibayarkan sebelum lebaran tiba.

Mendengar kabar kepastian tersebut Bandono langsung menuju toko Sepeda untuk membelikan Ardi sepeda yang diidami-idamkan sejak lama, kepada si penjual sepeda Bandono mengatakan akan menghutang dulu dan akan membayarnya nanti setelah gaji ke-14 cair. Dengan perasaan senang akhirnya Bandono pulang membawa sepeda hasil berhutang dari toko Sepeda yang tadi di kunjunginya.

Lalu bagaimakah kisah selanjutnya tentang cerkak basa jawa "Riyaya Gak Nggoreng Kopi", baca cerkak basa jawa selengkapnya dibawah ini.




Jika anda berkeinginan untuk mengunduh Cerkak Basa Jawa "Riyaya Gak Nggoreng Kopi" diatas dengan format Ms. Word, anda bisa mengunduhnya pada link dibawah ini :

Riyaya Gak Nggoreng Kopi | Cerkak Basa Jawa
Link Alternatif
Previous
Next Post »