Kumpulan Sastra Jawa, Geguritan, Cerkak, Cerita Wayang

Siluman Guwa Putri | Cerkak Basa Jawa

Siluman Guwa Putri | Cerkak Basa Jawa
Siluman Guwa Putri | Cerkak Basa Jawa

Cerkak Basa Jawa | Siluman Guwa Putri


Sastrajawa.com, kali ini akan membagikan kisah cerkak misteri yang diambil dari majalah Panjebar Semangat. Cerkak bahasa jawa ini masuk dalam kategori Alaming lelembut jika dilihat dari daftar isi majalah Panjebar Semangat.

"Siluman Guwa Putri" adalah cerkak basa jawa karangan dari Eman Suwarto, Cerkak ini mengisahkan awal penemuan guwa oleh seorang yang bernama Wasino (65 Tahun). Wasino adalah seorang warga desa yang bekerja mencari batu gamping atau batu kapur di pegunungan kapur yang berada di Desa Wonodadi, Kecamatan Pracimantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Dalam sela-sela mencari batuan, Wasino bermimpi berada dalam istana yang megah, karena penasaran akhirnya Wasino bersama ketiga temannya berniat untuk mencari letah istana yang megah tersebut, hingga suatu ketika Wasino menemukan mulut Gua yang berada di antara pegunungan Kapur, merasa penasaran akhirnya Wasino memberanikan diri untuk masuk kedalam Gua tersebut.

Wasino terperanjat dan kaget seketika saat sudah memasuki gua yang ditemukannya itu. Wasino melihat sesosok Putri Cantik, Wasino takut akan dijadikan tumbal oleh sang Putri, namun anggapan Wasino ternyata salah, Putri yang ternyata bernama Putri Kencana Wungu tidak berniat jahat kepada Wasino, Bahkan Putri Kencana Wungu mau menjamin keselamatan Wasino beserta keluarganya asalkan Wasino mau merawat Gua yang ditemukannya itu.




Jika anda berkeinginan untuk mengunduh cerkak alaming lelembut "Siluman Guwa Putri" diatas dalam bentuk Ms. Word, anda bisa mengunduhnya pada link dibawah ini :
Cerkak Basa Jawa | Siluman Guwa Putri
Link Alternatif
Previous
Next Post »