Kumpulan Sastra Jawa, Geguritan, Cerkak, Cerita Wayang

Tikuse Darpo | Cerkak Basa Jawa

Tikuse Darpo | Cerkak Basa Jawa
Tikuse Darpo | Cerkak Basa Jawa

Cerkak Basa Jawa | Tikuse Darpo

Sastrajawa.com kali ini akan memberikan contoh cerkak basa jawa dengan judul "Tikuse Darpo", Contoh cerkak bahasa jawa ini pernah dimuat di majalah Panjebar Semangat. Cerkak Basa Jawa ini adalah karya dari Sumono Sandi Asmoro.

Cerkak Basa Jawa dengan judul "Tikuse Darpo" menceritakan tentang seorang yang bernama Darpo, Darpo merasa terganggu karena keberadaan tikus dirumahnya. Hampir setiap malam hari tikus-tikus dengan jumlah banyak selalu berkeliaraan mondar-mandir di dalam rumah Darpo. Setiap malam Darpo selalu terganggu dengan suara tikus.

Pada suatu hari Darpo berencana untuk menjebak tikus dirumahnya, Darpo berpikir jika tikus -tikus itu dibunuh bukannya berkurang, akan tetapi jumlah tikus yang ada dirumahnya akan semakin banyak. Untuk itu Darpo menyiapkan jebakan untuk tikus dengan makanan sebagai umpannya, Darpo berencana nantinya kalau tikus itu tertangkap tidak akan dibunuhnya.

Keesokan harinya Darpo kaget, jebakan yang dibuatnya semalam tidak menangkap satu tikus pun dirumahnya. Ratri istri Darpo menyalahkan suaminya yang telah membuat tikus-tikus semakin banyak dirumah mereka. Ratri bercerita bahwa ketika dia masih memelihara kucing tidak ada satupun tikus di rumahnya karena takut.

Mendengar cerita Ratri, akhirnya Darpo berencana untuk membeli kucing dengan harapan akan membuat tikus-tikus yang berada dirumahnya akan kabur.... lalu bagaimanakah kisah selanjutnya dari cerkak basa jawa "Tikuse Darpo" ini, mari baca cerkak selanjutnya di bawah ini :




Jika anda berkeinginan untuk mengunduh Cerkak Basa Jawa "Tikuse Darpo" di atas, anda bisa mengunduhnya pada link dibawah ini :

Cerkak Basa Jawa "Tikuse Darpo"
Link Alternatif
Previous
Next Post »