Kumpulan Sastra Jawa, Geguritan, Cerkak, Cerita Wayang

Cerkak Bahasa Jawa dan Amanat "Mudhik Total"

Sastrajawa.com, kembali lagi dengan cerkak bahasa jawa yang akan kami bagikan secara gratis alias cuma-cuma, anda bisa mengunduh Cerkak Bahasa Jawa beserta Amanat Cerkak Bahasa Jawa di akhir postingan. Cerkak Bahasa Jawa yang kali ini kami bagikan berjudul "Mudhik Total" Cerkak ini adalah karya dari Suwardi W.S yang pernah dimuat di majalah Panjebar Semangat.

Karya-karya Suwardi W.S ini memang telah banyak dimuat di majalah Panjebar Semangat terutama pada Cerkak Bahasa Jawa entah sudah berapa ratus kalinya beliau mengirimkan naskah cerkak ke Panjebar Semangat dan yang pasti Cerkak-cerkak beliau sangat ditunggu oleh pemerhati sastra jawa.

Sinopsis Cerkak "Mudhik Total"

Cerkak Bahasa Jawa dan Amanat "Mudhik Total"
Cerkak Bahasa Jawa dan Amanat "Mudhik Total"
Sastrajawa.com kali ini akan berbagi sebuah cerkak karya Suwardi W.S dengan judul "Mudhik Total". Cerkak Mudhik Total ini mengangkat tema yang tidak jauh dari kehidupan di masyarakata jawa pada umumnya. Menceritakan seorang tokoh Samsuri yang harus mengadu nasib ke Jakarta karena suatu hal. Samsuri dalam Cerkak Mudhik Total dikisahkan merasa sakit hati kepada Partini Calon Istri yang hendak dilamarnya. Sakit hati Samsuri karena melihat Partini sang pujaan hatinya sedang berboncengan dengan pria lain Tarka.

Dilatar belakangi permasalahan cemburu buta akhirnya Samsuri memutuskan untuk pergi ke Jakarta dengan tujuan tidak ingin melihat lagi Partini dengan Tarka berduaan. Di Jakarta ternyata Samsuri menjadi orang yang sukses dengan usahanya membuka Warung Mbakmi Sedhep Mantep hingga hampir 10 Tahun Samsuri meninggalkan kampung halamannya untuk mengadu nasib di Jakarta.

Hingga pada suatu hari orang tua Samsuri yang berada di kampung mengirimkan kabar berita kepada Samsuri untuk meminta pulang ke Desa dan tidak lagi kembali ke Jakarta. Sesampainya di Kampung Halamannya Samsuri pun menanyakan tentang kabar Partini kepada Ibunya, Samsuri kaget ternyata selama ini Partini masih belum menikah dengan Tarka.

Ibunya Samsuri pun menjelaskan bahwa ketika Samsuri melihat Partini berboncengan dengan Tarka, ternyata pada saat itu kondisi Partini sedang sakit sehingga mau tidak mau Tarka harus segera mengantarkan Partini ke Rumah Sakit. Mendengar penjelasan Ibunya Samsuri merasa bersalah karena telah berprasangka buruk kepada Partini.

Lalu bagaimanakah kisah selanjutnya tentang cerkak "Mudhik Total" karya Suwardi W.S ? untuk lebih jelasnya anda bisa melihat tampilan lengkap Cerkak Bahasa Jawa "Mudhik Total" dibawah ini :





Amanat Cerkak "Mudhik Total"

Dari Cerkak Mudhik Total diatas sastrajawa.com dapat menyimpulkan Amanat Cerkak yang ingin disampaikan kepada pembaca adalah sebagai berikut :
Jangan terburu-buru mengambil keputusan sampai ada kejelasan.
Selalu patuh kepada orang tua, karena nasehat orang tua adalah untuk yang terbaik bagi anak-anaknya.

Jika anda menginginkan Cerkak Mudhik Total dalam format Ms. Word anda bisa mengunduhnya pada link dibawah ini :
Cerkak Bahasa Jawa "Mudhik Total"
Demikian tadi Cerkak dan Amanat dari Mudhik Total karya dari Suwardi W.S semoga bisa bermanfaat bagi anda para pembaca yang budiman.
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »