Kumpulan Sastra Jawa, Geguritan, Cerkak, Cerita Wayang

Kala Singgah | Cerkak Basa Jawa

Kala Singgah | Cerkak Basa Jawa
Kala Singgah | Cerkak Basa Jawa

Cerkak Basa Jawa | Kala Singgah

Sebuah Cerkak basa jawa yang pernah dimuat di majalah Panjebar Semangat Edisi 15 April 2017, Sebuah cerkak karya Irul S Budianto ini menceritakan tentang rahasia sebuah tembang jawa "Kala Singgah". Kala Singgah ini adalah sebuah tembang jawa warisan leluhur yang sangat sakral. Tembang "Kala Singgah" ini terdengar di tembangkan oleh Sarjito, warga baru dari Sragen.

Sarjito yang selalu menembangkan tembang Kala Singgah ini sewaktu malam membuat para warga menjadi resah, karena Sarjito menembangkannya diwaktu malam. Suara tetembangannya membuat warga merasa terganggu karena para warga resah, sepengetahuan warga bahwa tembang Kala Singgah ini tidak semestinya dengan sembarangan di tembangkan oleh Sarjito. Menurut para warga tembang Kala Singgah ini sangat sakral, dan hanya di tembangkan pada waktu-waktu tertentu.

Lalu bagaimanakah sikap warga sekitar ketika masih mendengarkan Sarjito menembangkan tembang "Kala Singgah" itu, apakah para warga akan mendatangi rumah Sarjito ?, untuk cerkak Basa Jawa "Kala Singgah" ini anda dapat membacanya secara lengkap dibawah ini :

Kala Singgah




Jika anda ingin mengunduh cerkak basa jawa dengan judul "Kala Singgah" diatas dalam bentuk Ms. Word, anda bisa mengunduhnya pada link dibawah ini :

Unduh Cerkak "Kala Singgah"
Link Alternatif
Previous
Next Post »