Kumpulan Sastra Jawa, Geguritan, Cerkak, Cerita Wayang

Cerkak dan Amanat "Lelakon"

Sastrajawa.com, Cerkak Bahasa Jawa yang akan kami bagikan kali ini berjudul "Lelakon", cerkak "Lelakon" pernah dimuat di majalah Panjebar Semangat Edisi Januari 2018, sebuah karya sastra jawa dari Dawam ini menceritakan kisah dari tokoh yang bernama Kasno.

Dalam Cerkak Bahasa Jawa berjudul "Lelakon" ini akan kami lengkapi dengan amanat dari cerkak Bahasa Jawa "Lelakon" karya dari Dawam. Namun sebelumnya mari simak, bagaimanakah Sinopsis Cerkak Bahasa Jawa "Lelakon" dibawah ini.
Cerkak dan Amanat "Lelakon"
Cerkak dan Amanat "Lelakon"

Sinopsis Cerkak Bahasa Jawa "Lelakon"

Cerkak Bahasa Jawa ini mengambil tokoh utama yang bernama Kasno, Kasno adalah anak ke- 9 dari 9 bersaudara, namun Kasno menjadi satu-satunya anggota keluarga yang mengalami cacad fisik yaitu jari pada tangan kirinya tidak ada semenjak Kasno lahir.

Perjuangan Kasno untuk mendapatkan pengakuan dari lingkungan memang sungguh luar biasa, Kasno sendiri berasal dari keluarga yang kurang mampu, namun Kasno selalu berusaha keras untuk tidak merepotkan anggota keluarganya yang lain.

Semenjak duduk dibangku SMA Kasno memang rajin dan tekun dalam belajar, hingga Lulus SMA, Kasno berniat untuk hidup mandiri dengan cara mencari pekerjaan, Namun hampir semua pabrik dan perusahaan yang dia lamar tidak membuahkan hasil. Hingga pada suatu hari, Kasno mendapatkan panggilan dari Kabupaten untuk menjadi tenaga Honorer sebagai penarik Retribusi di Pasar tempat tinggal Kasno berada.

Lalul bagaimanakah nasib Kasno selanjutnya ? untuk lebih jelasnya mari simak tampilan dari Cerkak Bahasa Jawa dengan Judul "Lelakon" dibawah ini :




Amanat Cerkak Bahasa Jawa "Lelakon"

Dari cerkak bahasa jawa dengan judul "lelakon" diatas sastrajawa.com dapat menyimpulkan amanat cerkak atau pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembacanya adalah sebagai berikut :
  • Jangan menilai seseorang dari fisiknya saja.
  • Selalu tekun dan rajin bekerja, maka nantinya akan membuahkan hasil yang memuaskan.
Jika anda menginginkan Cerkak Bahasa Jawa dengan judul "Lelakon" dari majalah Panjebar Semangat dalam bentuk Ms. Word, anda bisa mengunduhnya pada link dibawah ini :

Cerkak Bahasa Jawa "Lelakon" Ms. Word
Previous
Next Post »